Translate to

Search

Jumat, 22 Juli 2011

Mudul 01 KKPI


Jawaban Modul 01 KKPI:
1. Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukan data secara langsung kepada bagian proses.
2. Secara fisik keyboard dibagi 4, yai
a. Keyboard Serial, menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT.
b. Keyboard PS/2, biasanya digunakan pada computer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan
c. Keyboard wireless, tidak mengginakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan computer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi, atau Bluetooth.
d. Keyboard USB, mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
Bagi anda yang sering berinteraksi dengan komputer, disarankan untuk memilih keyboard yang ergonomis. Karena akan membantu mengurangi ketegangan pada pergelangan tangan anda. Keyboard ergonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya dibagi dalam dua segmen. Semua fasilitas ini dihadirkan guna menghindari pengguna meletakkan tangannya dalam posisi yang salah, yang akan berakibat pada sakit yang berkepanjangan. Ergonomis tidak hanya terbatas pada bentuk dan desainnya saja, warna keyboard juga berpengaruh terutama pada penglihatan. Hindari warna yang kontras, karena warna-warna seperti ini tidak termasuk kategori ergonomis, warna hitam atau perak menjadi pilihan banyak konsumen.
3. Perbedaan antara Keyboard QWERTY dan DVORAK:
a. Keyboard jenis QWERTY yang dibuat pertarna kali pada tahun 1873 oleh Perusahaan Remington untuk keperluan mesin ketik. Nama QWERTY diambilkan dari deretan huruf pada baris paling atas. Hampir semua komputer mengunakan keyboard jenis Qwerty. Sejak awal keyboard Qwerty diciptakan tidak memperhatikan masalah ergonomi, sehingga sangat memungkinkan timbulnya gangguan atau keluhan terhadap tubuh manusia dan lebih jauh lagi dapat menjadi penyebab penyakit akibat kerja. Keyboard Qwerty ternyata belum memberikan beban yang sama untuk jari- jari tangan kiri dan tangan kanan. Untuk orang yang biasa bekerja dengan tangan kanan (right handed) ternyata tangan kiri hanya berfungsi 60 % dari waktu yang disediakan walaupun sudah menggunakan pengetikan sistim 10 jari akibatnya tangan kanan akan lebih cepat lelah. Tombol- tombol yang ada pada baris tengah yang paling mudah dicapai oleh jari tangan kanan maupun kiri ternyata hanya ditekan 30 % dari waktu pengetikan, sehingga jari-jari lebih sering melompat ke baris atas maupun ke baris bawah dan ini akan menimbulkan beban tersendiri pada pergelangan tangan. Untuk pengetikan dalam bahasa Inggris yang banyak menggunakan huruf: a, e, h, i, l, n, o, r, s, t (10 huruf utama), ternyata hanya 4 buah huruf yang berada di baris tengah dan ini akan menambah beban kerja pada jari karena jari lebih sering melompat ke baris atas dan bawah. Selain dari itu, perintah-perintah tambahan pada keyboard sebagian besar terletak pada bagian kanan keyboard yang berarti akan menambah beban kerja pada tangan kanan. Dengan demikian maka beban kerja pada jari tangan kanan dan tangan kiri belum bisa seirnbang, akibatnya sudah barang tentu adalah keluhan nyeri otot.
b. Keyboard jenis DVORAK yang dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf lain dengan jenis Qwerty yaitu dibuat sedemikian rupa, sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang. Walaupun keyboard jenis Dvorak sudah lebih baik dari pada jenis Qwerty, akan tetapi karena kalah duluan dalam hal pemasarannya dengan jenis Qwerty dan kalaupun harus diganti dengan jenis Dvorak, maka perlu pelatihan baru dan ini berarti biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard Dvorak. Kemungkinan untuk laku menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan sehingga keyboard jenis lama (Qwerty) masih tetap digunakan.
4. Fungsi-fungsi Tombol Keyboard
Fungsi
Tombol
Untuk shutdown atau menutup windows program yang sedang aktif
Alt+F4
Menampilkan menu help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
F1
Membatalkan satu tahap pekerjaan
Esc
Menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai, atau menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text
Enter
Pada windows dialog berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya, pada saat pengetikan berarti lompat ke penghentian tab (tab-stop) terdekat
Tab
Akan mengakibatkan karakter (huruf) di sebelah kiri kursor terhapus
Backspace
Akan mengakibatkan karakter (huruf) di sebelah kanan atau di tempat dimana kursor berada terhapus
Delete
Akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada
Home
Akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada
End
Akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dimana kursor berada
Page up
Akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dimana kursor berada
Page down
Memindakan satu baris ke atas
Panah atas
Memindahkan satu baris ke bawah
Panah bawah
Memindahkan satu baris ke kiri
Panah kiri
Memindahkan satu baris ke kanan
Panah kanan
Mencetak dokumen dan juga digunakan untuk mengatur halaman
Ctrl+P
Menyimpan dokumen
Ctrl+S
Membuat file (dokumen) baru
Ctrl+N
Memblok seluruhnya
Ctrl+A
Membuka file dokumen yang sudah pernah dibuat atau yang ada
Ctrl+O
Menyalin file yang ada di dokumen
Ctrl+C
Menampilkan hasil dari perintah copy
Ctrl+V
Membatalkan perintah yang telah dilakukan
Ctrl+Z
Mengulangi perintah yang terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah undo
Ctrl+Y
Mencari kata atau teks yang terdapat di dokumen
Ctrl+F
Menuju ke halaman footnote, endnote atau bagian lain yang berada di dalam dokumen
Ctrl+G
Menebalkan karakter
Ctrl+B
Memiringkan karakter
Ctrl+I
Menggarisbawahi karakter
Ctrl+U
Merata kanankan teks
Ctrl+R
Merata kirikan teks
Crtl+L
Mengetengahkan teks
Ctrl+E
Menghapus teks atau gambar yang salah atau yang tidak diinginkan
Ctrl+X
Mengubah teks yang terdapat di dokumen
Ctrl+H

0 komentar:

Posting Komentar

Click Here

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Hacker007 | Bloggerized by PT. Dream Of Coal - Premium Blog | Dream Code